Tips dan Trik Perawatan Kulit Selangkangan

6 Penyebab Gatal Pada Kulit Selangkangan

Gatal pada kulit selangkangan mungkin sering terjadi pada sebagian dari kita baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Walaupun terlihat sepele ternyata gatal pada area ini sangat menyebalkan karena apabila kita menggaruknya terlalu keras maka kulit di daerah ini bisa saja lecet dan perih sehingga bisa menjadi penyebab kulit selangkangan menjadi hitam.

Nah, agar Anda terhindar dari gatal-gatal pada kulit selangkangan maka ketahui apa saja penyebabnya. Simak tulisan dibawah ini.

penyebab gatal pada selangkangan


1. Infeksi Jamur
Infeksi jamur biasanya karena kurangnya perhatian kita terhadap kebersihan kulit sehingga jamur akan berkembang biak dan lama-kelamaan akan menjadi banyak sehingga hal ini menyebabkan gatal. Apalagi kondisi kulit Anda selalu lembab maka hal ini merupakan tempat subur bagi perkembangan biakan jamur.

2. Jamur
Jika tadi infeksi jamur maka kali ini adanya pertumbuhan jamur yang ditandai dengan ciri-ciri seperti kulit selangkangan berwarna merah kecoklatan terkadang bisa juga berwarna kehitaman dan terlihat jelas batas antara kulit yang sehat dan tidak. Biasanya apabila berkeringat maka daerah akan terasa gatal sehingga kita selalu berkeinginan untuk menggaruknya.

3. Intertrigo
Intertigo adalah berciri-ciri seperti kulit kemerahan, ada rasa terbakar setelah menggaruk. Biasanya Intertrigo terjadi pada orang yang berbadan gemuk karena seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa orang gemuk kulitnya sering terjadi gesekan dengan pakaian yang mereka kenakan.

4. Infeksi Bakteri
Infeksi bakteri pada kulit selangkangan merupakan sesuatu yang sangat harus Anda waspadai karena bisa menyebabkan gatal dan apabila digaruk secara terus menerus maka akan menimbulkan kemerahan pada kuit dan terkadang timbul nanah. Apabila infeksi telah parah, biasanya seseorang akan menjadi demam dan nyeri.

5. Scabies
Scabies adalah gatal pada kulit selangkangan yang diakibatkan oleh  kutu Sarcoptes Scabei. Biasanya gatal yang diakibatkan oleh kutu ini puncaknya terjadi pada malam hari.

6. Reaksi alergi
Hati-hati, gatal pada kulit selangkangan tidak hanya disebabkan karena kurang kebersihan tetapi juga bisa diakibatkan karena adanya reaksi alergi dari berbagai produk tertentu seperti penggunaan sabun, shampo maupun krim lainnya. So, bijaksana lah dalam menggunakan obat-obatan agar tidak sembarangan.

Nah, itulah 6 penyebab gatal pada kulit selangkangan yang harus Anda ketahui sehingga tidak malas lagi untuk menjaga kebersihan tubuh karena seperti yang kita ketahui bahwa walaupun terlihat sepele tetapi penyakit ini menyebalkan.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top