Tips dan Trik Perawatan Kulit Selangkangan

8 Hal Yang Menyebabkan Kulit Selangkangan Hitam

Kulit selangkangan membutuhkan perawatan yang sama baiknya dengan kulit wajah maupun kulit badan karena walaupun daerah tersebut tertutup setiap hari tetapi bukan berarti tidak terjadi masalah, justru sering banyak timbul masalah seperti gatal, hitam dan lainnya.

Nah, mungkin Anda bertanya-tanya kenapa kulit selangkangan menjadi hitam padahal tidak pernah terkena sinar matahari. Jika Anda penasaran silahkan simak tulisan dibawah ini.

Penyebab selangkangan hitam

Penyebab Kulit Selangkangan Hitam


1. Gesekan
Hal pertama yang menyebabkan kulit pada daerah lipatan bagian dalam ini menjadi hitam adalah karena adanya gesekan. Tanpa kita sadari pemakaian celana yang ketat bisa membuat terjadinya gesekan pada kulit selangkangan sehingga lama kelamaan akan menjadi lecet dan luka sehingga pada akhirnya akan menghitam.

2. Kondisi yang lembab
Kondisi kulit yang lembab juga merupakan penyebab selangkangan menjadi hitam, biasanya dalam kondisi lembab kulit akan terasa gatal dan apabila sudah gatal pasti akan digaruk. Nah, menggaruk ini menyebabkan kulit menjadi iritasi sehingga menyebabkan kulit pada daerah tersebut menghitam.

3. Karena jamur
Itulah mengapa kita dianjurkan untuk pentingya menjaga kebersihan dan mengganti celana setiap hari karena apabila jarang memperhatikan kebersihan pakaian yang kita pakai maka jamur akan mudah menyerang kulit Anda. Apabila dibiarkan jamur ini akan menyebabkan rasa gatal sehingga membuat Anda terpaksa menggaruknya dan sudah pasti mengagaruk akan meninggalkan noda hitam.

4. Karena kegemukan
Kegemukan tidak hanya bisa memicu obesitas tetapi juga menyebabkan kulit pada selangkangan menjadi hitam. Semakin besar badan kita maka akan semakin besar resiko gesekan pada kulit dan hal ini mengakibatkan kulit selangkangan menjadi hitam.

5. Karena kencing manis
Kencing manis merupakan penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Nah, penderita diabetes juga sangat rentan untuk memiliki kulit selangkangan berwarna gelap. Hal ini diakibatkan karena resitensi insulin pada lipatan paha.

6. Pengaruh Hormonal
Selain pengaruh diatas ternyata hormon tertentu juga mempengaruhi kulit selangkangan untuk menjadi hitam.

7. Pengaruh usia
Usia yang semakin tua juga mempengaruhi warna kulit di daerah tersebut. So, hal ini merupakan alami dan pasti terjadi pada siapapun.

8. Akibat Hiperpigmentasi Post Inflamasi (HPI)
Nah yang terakhir adalah karena adanya kelainan kulit yang memang sangat jarang terjadi namun tetap saja ada kemungkinan orang yang mengidap penyakit ini.

Itulah 8 hal yang menyebabkan kulit selangkangan menjadi hitam yang harus Anda ketahui agar bisa mencegahnya.

Share :

Facebook Twitter Google+
Back To Top